Boss vs Pemimpin – Serupa Tapi Tak Sama

17 Jul 2017

Seperti yang telah Anda ketahui, Boss dan Pemimpin memang dua istilah yang sama. Namun, tahukah Anda dalam praktik kesehariannya, boss dan pemimpin merupakan dua hal yang jauh berbeda. Tentu saja bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam pekerjaan dan telah menjumpai banyak karakteristik para pemimpin akan lebih mudah dalam menilai mereka.

 

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Perbedaan Boss dan Pemimpin

Bagi Anda yang baru memasuki dunia kerja, Anda akan menemukan beberapa perbedaan dari para atasan di kantor. Identifikasi apakah mereka seorang boss ataukah seorang pemimpin melalui pemaparan perbedaan berikut ini.

 

#1 Boss – Memerintah // Pemimpin – Mengayomi

Untuk mencapai setiap tujuannya, sang boss biasanya akan memberikan perintah tanpa memberikan arahan yang jelas atau bahkan perintah tanpa ada arahan sama sekali. Para boss mengharuskan setiap bawahannya untuk menyelesaikan tugas mereka entah dengan cara apapun yang harus ditempuh.

Berbeda halnya dengan seorang pemimpin, mereka lebih menyayomi dengan setiap arahan dan bahkan partisipasi yang aktif bagi para bawahannya yang cenderung masih banyak memerlukan bantuan dan pengarahan.

 

[Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Tipe Kepemimpinan Transformasional]

 

#2 Boss Mengatakan “Saya” // Pemimpin Mengatakan “Kita”

Dalam proses menuju kepada tujuan yang akan dicapai, seorang boss lebih menonjolkan karakter “saya”. Orang yang berkarakter seorang boss cenderung merasa berkuasa atas segala sesuatu termasuk para bawahannya. Setiap keberhasilan yang dicapai dalam kelompok akan diakuinya sebagai keberhasilannya secara pribadi.

Tidak demikian dengan para atasan yang berjiwa seorang pemimpin, segala pencapaian yang diraih dalam kelompok merupakan hasil kerja sama sehingga para pemimpin lebih menonjolkan karakter “kita”.

 

#3 Boss Memberi Rasa Takut // Pemimpin Mendapat Rasa Hormat

Perlakuan yang diberikan para pemimpin kepada bawahan yaang cenderung partisipatif tentu saja akan membuahkan rasa respect dan segan kepada para pemimpin. Rasa care dari para pemimpin juga akan membuat para bawahan menjadi semakin termotivasi dalam bekerja.

Lain halnya dengan para boss, rasa takut dan intimidasi yang diberikan akan membuat para bawahan tidak respek. Bisa jadi di depan boss “sepertinya” memperlihatkan rasa hormat namun tak jarang di belakang boss akan banyak buah bibir yang negatif dari para bawahan.

 

#4 Boss Hanya Memberikan Kritikan // Pemimpin Memberi Saran dan Pujian

Apabila Anda seorang bawahan dan melakukan kesalahan, di sinilah letak dimana Anda juga dapat menilai karakter kepemimpinan dari atasan Anda, apakah dia seorang boss atau seorang pemimpin.

Seorang boss akan memberikan kritikan bagi para bawahannya dan sangat jarang bahkan tidak mau memberikan pujian ketika bawahan melakukan suatu keberhasilan. Hal ini bertolak belakang dengan para pemimpin yang lebih senang memberikan arahan, saran yang membangun dan juga pujian bagi setiap keberhasilan sekecil apapun.

 

[Baca Juga: Kenali Karakteristik Pemimpin yang Baik dan yang Tidak Baik]

 

#5 Boss Memanfaatkan Bawahan // Pemimpin Memberdayakan Bawahan

Para boss cenderung memanfaatkan setiap peluang dan kemampuan dari para bawahan untuk kepentingan pribadinya, dengan atau tanpa intimidasi dari kuasa yang ia miliki.

Ketika Anda menjumpai seorang pemimpin, mereka cenderung senang untuk mengajarkan hal-hal yang baru bagi para bawahan dan tak jarang bertukar pikiran serta ide dengan berbagai kalangan. 

 

 

selengkapnya :


TAGS boss pemimpin


-

Author

Rahmiun
@rahmiun

Follow Me